• Gua Maria Paroki Lodalem
  • Pelayanan Sakramen Ekaristi
  • Altar Paroki Lodalem
  • Perayaan Ekaristi

PROFIL STASI KEDUNGWARU

Posted on 10:51 AM by paroki_lodalem

PROFIL STASI
SANTO PETRUS KEDUNG WARU


Mereka mulai dari kecil

Pada tanggal 19 April 1965, 8 siswa SDK St. Yohanes menerima sakramen permandian setelah mengikuti persiapan cukup lama, Salah satunya adalah Katirin dari Kedung Waru. Sejak itulah pelajaran agama di Kedung Waru, yang ditangani Bpk. M. Gino Ut dibantu para siswa yang telah menerima sakramen Baptis. Dalam pelajaran agama, di samping umat juga diikuti oleh simpatisan serta orang-orang yang ingin mendengarkan. Jumlahnya banyak sekali. Dengan demikian, perkembangan agama Katolik menjadi semakin pesat.

Keadaan Geografis

Wilayah ini terletak di pegunungan Kapur Selatan. Jaraknya kurang lebih 5 km dari gereja pusat. Tanahnya banyak mengandung batu kapur. Namun demikian, hasil pertanian yang dikerjakan cukup baik. Tanah pertanian yang dikerjakan adalah lahan kering dengan tanaman padi, jagung, jeruk dan cabai merah di beberpa tempat. Hanya saja, lahan pertanian masih bergantung juga pada curah hujan.

Mata Pencaharian

Penghidupan umat di sini didapatkan dari bertani. Sebagian besar umat adalah petani. Namun ada juga yang bekerja sebagai pegawai sipil, karyawan dan wiraswasta. Di samping itu, ada yang bekerja di luar negeri sebagai TKW atau TKI.

Ekonomi Umat

Ekonomi umat di satsi ini masih cukup bauk dibandingkan dengan umat di stasi Sidodadi. Walaupun sebenarnya pertanian di sini juga bergantung pada curah hujan, tetapi karena masyarakat di sini pada umumhua diat dan tekun dalam mengolah tanah, sehingga hasilnya cukup baik. Hal ini terbukyi, di samping menanam padi, jagung dan cabai merah, mereka juga berkebun jeruk yang hasilnya lebih besar disbanding tanaman lain.


Keadaan Umat dalam Hidup Menggereja

Stasi Kedung Waru terdiri dari dua lingkungan dan beberapa kelompok. Kegiatan doa ada di dua tempat, yaitu Barat dan Timur. Tetapi kegiatan lain diserahkan kelompok masing-masing. Jarak stasi ini dari pusat paroki sekitar 5 km. kegiatan umat cukup baik. Utamanya pada bulan Mei dan Bulan Rosario Oktober, kehadiran umat cukup tinggi. Sayangnya, sampai penulisan ini, kegiatan doa mingguan di stasi ini belum berjalan.


Data Umat

a. Jumlah KK : 59 KK
b. Jumlah jiwa :
v Laki-laki : 81 orang
v Perempuan : 89 orang
c. Jumlah keseluruhan : 170 orang

No Response to "PROFIL STASI KEDUNGWARU"

Leave A Reply