• Gua Maria Paroki Lodalem
  • Pelayanan Sakramen Ekaristi
  • Altar Paroki Lodalem
  • Perayaan Ekaristi

Tuhan selalu Mendampingi

Posted on 12:36 AM by paroki_lodalem

Sejak bayi saya sudah menjadi seorang Katolik. Dari belum mengenal hingga terlibat dalam karya pelayananNya di Gereja dan sekolah tempat saya berkarya. Masih lekat dalam ingatan kerinduan akan berkumpul bersama dan bisa merayakan ekaristi. Katolik seperti tidak ada, tetapi ada. Kami pada saat itu belum memiliki kapel, sehingga sepertinya tidak ada umat katolik, tetapi kami tetap mengadakan perayaan iman di ruangan kelas sekolah dan di rumah-rumah umat. Suatu pengalaman iman yang sederhana tetapi menyentuh dan menyejukkan.

Jika dalam situasi yang demikian masih ada kerinduan dan kesediaan umat untuk berkumpul, saya yakin, pada masa sekarang ini pastilah akan jauh lebih guyub. Kapel sudah ada dan perkembangan zaman memungkinkan jarak yang jauh mudah terjangkau. Kalau dalam situasi yang serba sederhana dan terbatas Tuhan sangat terjangkau dan dirindukan, apalagi dalam zaman dan situasi dimana semua sudah lebih mudah, umat pasti akan lebih mudah bertemu dengan Tuhan. Itulah harapan saya. Tuhan kita ada sejauh doa, sejauh kerinduan, sejauh keyakinan dan sejauh kemauan kita untuk selalu mengandalkanNya.

Sejak kecil saya sudah menjadi katolik. Bahkan dalam kondisi sakit sekarang ini pun saya masih seorang katolik. Tidak mungkin rasanya saya ingkari iman saya yang sudah saya pegang selama sekian tahun. Tuhan tidak pernah mengecewakan saya. Sayalah yang lebih sering mengecewakan Dia. Meskipun dalam kondisi seperti sekarang ini, saya masih berjuang untuk menyediakan waktu untuk berkumpul bersama umat di kapel. Iman tanpa bergabung dengan umat yang seiman rasanya seperti ada yang kurang. Paguyuban, kebersamaan dan dukungan satu dengan yang lain rasanya tidak boleh digantikan oleh kesibukan lainnya. Jika saya lemah, saudara seimanlah yang menguatkan saya. Jika saya tidak mampu lagi, Tuhanlah yang memampukan saya.

Pada saat perayaan syukur paroki yang sudah berusia 40 tahun ini, pantaslah kita bangga. Bangga sebagai katolik, bangga dengan para gembala, bangga dengan umat yang tetap setia dalam segala kesulitan dan godaan, bangga dengan umat yang baru bergabung, bangga dengan kaum muda yang optimis dan setia dan bangga dengan Yesus. Yesus tidak pernah mengecewakan, maka jangan kita kecewakan Dia. Mari kita sediakan hati, waktu dan diri untuk Dia, maka akan memberikan hidup yang berkelimpahan. Berkah Dalem.



Curiculum Vitae

Nama : Nicolaus Suprantyo

Tempat, tgl lahir : Blitar, 6 Desember 1937

Tempat tinggal : Ngebruk, Sumberpucung-Malang

Pendidikan : SGAK (Sekolah Guru Atas Katolik) Malang, D1

Profesi : Mantan guru SMPK St. Antonius Sumberpucung, sebagai guru negeri yang diperbantukan, sejak tahun 1960-pensiun awal tahun 1998.

No Response to "Tuhan selalu Mendampingi"

Leave A Reply