• Gua Maria Paroki Lodalem
  • Pelayanan Sakramen Ekaristi
  • Altar Paroki Lodalem
  • Perayaan Ekaristi

PROFIL STASI KALITELO

Posted on 12:44 PM by paroki_lodalem


PROFIL STASI KALITELO

A. PENDAHULUAN

Stasi ini sudah dikenal sebelum terbentuknya Stasi Kaliasri. Bahkan Stasi Kalitelo sudah dikenal namanya di Keuskupan Malang. Pada tahun 1966 sudah mendapatkan pelajaran agama dan misa kudus yang dilayani dari paroki Purworejo oleh Rm. G.J.A. Lohuis O.Carm. Paroki Lodalem baru berdiri tahun 1971, disini sudah ada babtisan pertama. Yaitu keluarga Bpk. Robanus Katidjo, oleh Rm. E.F. Pudjodarmo, O. Carm. Namun demikian setelah berdiri Stasi Kaliasri, pada tahun 1999 Kalitelo merupakan lingkungan Stasi Kaliasri. Tetapi karena sesuatu hal, mungkin lingkungan yang satu dengan yang lain berjauhan, akhirnya pada tanggal 8 Agustus 2010 membentuk Stasi sendiri.

B. KEADAAN GEOGRAFIS

Stasi Kalitelo terletak disebelah Selatan Stasi Tumpakrejo dan sebelah Barat Stasi Kaliasri. Jarak kepusat paroki sekitar 15 km. keadaan daerahnya sama dengan Stasi Tumpakrejo. Sebagian besar pertanian lahan kering dengan tanaman jagung, ketela dan tebu.

C. MATA PENCAHARIAN DAN EKONOMI UMAT

Umat di sini sebagian besar bekerja sebagai petani dan buruh tani. Ada beberapa orang bekerja sebagai pegawai negeri dan wiraswata. Ada pula yang pergi ke kota mencari pekerjaan.
Di atas sudah dikatakan bahwa mata pencaharian umat sebagai petani dan buruh tani. Sehingga kebutuhan umat mungkin hanya pas-pasan. Karena itu untuk mengikuti perkembangan paroki masih cukup berat. Disamping keadaan ekonomi, juga jumlah umat stasi ini masih sedikit.

D. KEADAAN UMAT DALAM MENGGEREJA

Umat stasi ini cukup giat dan semangat. Terbukti bulan April 1986 sudah berdiri kapel. Namun demikian, pada tahun 2002 kapel tersebut dijual. Sebab diperkirakan lokasinya kurang luas. Kemudian dibelikan lagi sebidang tanah dan didirikan bangunan kapel sementara. Karena prosedur pendirian tidak dilengkapi sebagaimana mestinya, akhirnya bangunan dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Setelah itu lokasi kapel ditukar guling dengan tanah milik Bpk. Mismi. Dengan persiapan yang matang dan prosedur yang jelas, dibangun sebuah kapel di lokasi baru itu. Pembangunan dimulai tanggal 1 Januari 2004. Tanggal 20 Februari 2006 kapel diresmikan oleh Bpk. Uskup Mgr. H.J.S. Pandoyoputro O. Carm.

No Response to "PROFIL STASI KALITELO"

Leave A Reply