• Gua Maria Paroki Lodalem
  • Pelayanan Sakramen Ekaristi
  • Altar Paroki Lodalem
  • Perayaan Ekaristi

Kekayaan Gereja Paroki Lodalem

Posted on 9:46 AM by paroki_lodalem

Kekayaan Gereja

Umat yang Guyub


Suatu kekayaan yang luar biasa jika umat selalu bisa ambil bagian dalam karya perutusan gereja, baik dalam masyarakat, keluarga, pekerjaan kantor dan pelayanan gereja. Inilah pertanda umat yang luar biasa, yaitu umat yang bijak untuk ambil bagian dalam karya pelayanan. Umat Paroki Maria Annunciata dalam hal ini masih harus terus membangun kesadaran akan pentingnya kebersamaan. Kesadaran ini lahir karena kita satu baptisan, satu iman, yaitu Yesus Kristus. Kebersamaan ini umumnya dibina di paroki ini lewat kegiatan bersama yang ada di wilayah atau lingkungan, yaitu doa bersama, berbagi rezeki dengan sesama dan kerjabakti. Hal ini akan lebih terlihat jelas dalam setiap pesta rakyat dan pesta gereja.



Putra – Putri Altar

Kelompok yang satu ini cukup hidup dalam paroki dan juga stasi. Mereka tidak hanya ambil bagian dalam pelayanan ekaristi atau ibadat di gereja, tetapi mereka juga terus membina diri dengan diadakannya pertemuan rutin. Dalam pertemuan rutin ini, mereka berdoa bersama dan merenungkan Kitab Suci sebagai sumber kekuatan iman. Mereka adalah masa depan gereja dan kehadiran mereka memberi warna tersendiri di dalam gereja.



OMK (Orang Muda Katolik)

Tunas muda gereja ini sangat penting peranannya dalam gereja. Meskippun dalam masa-masa pencarian identitas diri, mereka juga terus membangun ikatan dengan sesama mereka. Dengan mengadakan pertemuan bulanan, mereka berusaha untuk meneguhkan satu sama lain dan mencari sesama kaum muda yang jarang terlibat dalam jaringan rohani di gereja. Sebagai bagian dari gereja, mereka berusaha untuk terlibat penuh dalam pelayana gereja, ambil bagian dalam liturgi dan juga karya sosial gereja lainnya. Pantas kita syukuri bahwa kaum muda katolik semakin menyadari pentingnya iman dalam menopang perjalanan hidup mereka, pentingnya merayakan iman bersama umat yang lainnya dan pentingnya menyediakan waktu untuk berbagi pengalaman akan Allah dengan sesama kaum muda.



Pelayanan Komuni Orang Sakit

Karya yang satu ini membutuhkan kesabaran dan seni tersendiri. Sebab pelayan yang melakukan tugas ini harus berhadapan dengan Yesus yang ada dalam diri orang-orang yang sakit, tua dan tidak berdaya. Terkadang yang dilayani tidak bisa lagi mendengar dan melihat, tetapi Yesus yang diam dalam diri mereka selalu melihat dan mendengar kita yang mau melayani mereka. Suster Misericordia selalu setia dalam melakukan tugas mulia ini. Setiap Jumat pertama dan Selasa Pahing suster selalu mengunjungi mereka yang sakit, tua dan lemah; serta memberikan kepada mereka komuni Kudus sebagai sumber kekuatan rohani dalam hidupnya.



Kelompok SSV

Kehadiran kelompok ini memberi warna tersendiri dalam gereja. Benar bahwa gereja tidak bisa dipisahkan dengan kaum miskin. Karena itu, SSV menjadi kelompok yang banyak memberi perhatian dan pertolongan bagi mereka yang sangat membutuhkan. Mulai dari memperhatikan kebutuhan makanan, kesehatan, perbaikan giji dan juga bedah rumah yang benar-benar perlu dibenahi. Kelompok ini cukup jeli dalam menangani tugas mereka, sehingga banyak umat yang kurang mampu bisa merasakan secara nyata kehadiran mereka, termasuk juga mereka yang berbeda keyakinan dengan kita. Cinta kasih memang tidak pandang bulu.



Sekolah-sekolah Katolik

Pendidikan yang memberdayakan itulah inti dari dunia pendidikan Katolik. Pendidikan adalah sarana pastoral yang luar biasa, bukan pertama-tama untuk mengkatolikkan tetapi untuk membrantas kebodohan dan menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik. Meskipun jumlah siswa dan siswi tidak banyak dalam sekolah katolik yang ada di wilayah paroki Lodalem, dedikasi untuk mencerdaskan putra-putri bangsa tidak pernah kendur. Sampai saat ini, ada tiga sekolah katolik di wilayah paroki Lodalem. Ketiganya ada di bawah naungan Yayasan Karmel, yaitu: SMPK St. Antonius Sumberpucung, SMPK St. Antonius Kalipare (Arjowilangun) dan SDK St. Yohanes Sidodadi.  

No Response to "Kekayaan Gereja Paroki Lodalem"

Leave A Reply